Olahraga, Salah Satu Cara untuk Tetap Waras dalam Keadaan Sulit

Olahraga saat sedang memiliki masalah
Pixabay/Composita
Mungkin, beberapa dari anda bertanya-tanya mengenai relevansi topik tulisan kali ini dengan utang. Hehe, saya tidak menyalahkan anda, karena sepintas tidak ada kaitan antara jerat utang dengan kegiatan olahraga. Paling tidak, saat pertama kali saya memiliki masalah dengan utang, I used to think sport was useless.

Ternyata pemikiran saya itu salah besar!!

Dulu, ketika bisnis saya sedang berada di atas, saya rutin berolahraga di pusat kebugaran, setidaknya 4-5 kali dalam seminggu. Jujur, saat itu saya tidak berpikir mengenai kesehatan ataupun efek positif lainnya dari olahraga, saya hanya ingin memiliki penampilan yang menarik. Hal inilah yang menyebabkan saya tidak memprioritaskan olahraga pada saat mulai terhimpit utang, karena semenjak tekanan utang menari dengan bebas dalam pikiran saya, saya tidak ingin jadi menarik, yang saya inginkan hanyalah my debt-free life.

Baca juga : Memiliki Utang Segunung Bukan Akhir dari Segalanya!!

Pemikiran itu bertahan selama kurang lebih dua tahun lamanya, dan selama kurun waktu itu pula, saya meninggalkan olahraga sebagai suatu rutinitas kehidupan. Yang terjadi selanjutnya adalah pembuktian suatu teori, mengenai keniscayaan dari suatu kebiasaan buruk yang menuntun ke kebiasaan buruk lainnya. Ya, setelah saya menghentikan rutinitas berolahraga, saya mulai mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori jauh di atas jumlah kalori yang dibutuhkan. Akibatnya, dalam dua tahun, berat badan saya bertambah banyak, penyakit pun mulai rutin menghampiri saya, dan yang paling parah adalah saya mudah stres.

Jadi, dengan tidak berolahraga, alih-alih menjadi lebih produktif, saya justru lebih banyak berurusan dengan hal-hal di luar pekerjaan, khususnya stres. It was literally killing me slowly.

Baca juga : Hanya Hari Ini Saja Kita Hidup

Ternyata, kondisi tersebut bisa dijelaskan dari banyaknya penelitian ilmiah mengenai manfaat olahraga. Selain menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan, salah satu manfaat penting olahraga adalah peningkatan hormon endorfin, hormon yang berperan dalam menimbulkan perasaan bahagia dan menurunkan kadar stres.

Hormon endorfin inilah, salah satu keping yang sangat kita butuhkan untuk tetap waras dalam keadaan penuh tekanan, baik karena utang maupun masalah besar lainnya. Berangkat dari hal tersebut, saya mulai rutin berolahraga hingga saat ini, dan sejauh ini hasilnya tidak mengecewakan. Meskipun total waktu olahraga saya dalam seminggu tidak lebih dari 50 menit, namun perubahan mulai terasa dalam kehidupan saya, berat badan mulai turun, asupan kalori harian terjaga, dan yang paling penting saya dapat mengelola tingkat stres, sehingga kehidupan saya jauh lebih berkualitas dan produktif.

Menjaga Pikiran Waras Saat Terjerat Utang

Mungkin utang telah merenggut ketenangan, harga diri, kesejahteraan, karir, dan kehidupan sosial kita. Tapi ada dua hal yang harus dipastikan tidak terenggut dari diri kita, yaitu iman dan pikiran waras. Dengan dua hal tersebut, pikiran-pikiran negatif bisa kita singkirkan, sehingga kita tetap bisa berpikir logis dan dapat mempertimbangkan segala konsekuensi dari setiap keputusan yang akan diambil.

Iman dapat kita pertahankan dengan menyibukkan diri dengan menunaikan berbagai tugas ibadah, sedangkan pikiran waras dapat kita pertahankan dengan mengelola tingkat stres, yang salah satu caranya adalah dengan meningkatkan hormon endorfin, yang dapat diperoleh dengan olahraga secara rutin.

Jadi mari kita mulai rutin berolahraga!!

Post a Comment

Previous Post Next Post